ALUMNI SMA NEGERI GONDANG NGANJUK ALL ANGKATAN Headline Animator

Balonggebang,desa balonggebang Balonggebang,desa balonggebang Balonggebang,desa balonggebang

ALUMNI SMA NEGERI GONDANG NGANJUK ALL ANGKATAN

Jumat, 19 November 2010

MEMAKNAI REUNI




SING MBABAT ALAS SMAGO.....
AYO KUMPUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUL
MINGGIRO..MINGGIRO...MINGGIRO
ANAKE PAK SUWARNO WIS TEKO
SING LANANG NGGANTENG NGGANTENG
SING WEDHOK AYU AYU
SAYANG THITHIK, KELEKE MAMBU
............................................................
nek eling lagune waktu gerak jalan tujubelasan
BAPAK SUWARNO adalah Bapak Kepala Sekolah Pertama kita

Pernahkah anda bertanya untuk apa orang melakukan reuni? Atau adakah sesuatu yang bisa anda rasakan manfaatnya setelah melakukan reuni? Pertanyaan pertanyaan seperti ini mungkin akan mampir di kepala anda ketika ada teman anda mengajak untuk datang atau membuat acara reuni. Biasanya reuni dilakukan oleh sekelompok orang yang telah berpisah cukup lama. 


          Karena perpisahan yg sudah cukup lama tsb biasanya pula orang orang dari kelompok yg akan reunian tsb telah banyak mengalami erubahan perubahan. Perubahan perubahan tersebut di antaranya adalah usia, lokasi tempat tinggal, pekerjaan, jabatan dan bahkan mungkin gaya hidup. Dengan segala macam perubahan tersebut, tentu ada banyak hal yg terpikirkan ebelum memutuskan untuk datang memenuhi undangan reuni. Lokasi biasanya akan langsung menjadi pertimbangan pertama. Waktu, biaya dan kerepotan  - kerepotan yang akan dihadapi untuk mencapai lokasi reuni bisa membuat anda malas datang kalau pertanyaan pertama di atas tadi tidak bisa anda jawab.
        Selanjutnya dengan perubahan usia tentu penampilan anda sudah tidak sama dibandingan ketika anda bersama orang orang tsb beberapa tahun sebelumnya. Kalau dulu anda tampak gagah dan atletis mungkin sekarang rambut yg memutih, perut yg membuncit dan rona ketuaan di wajah anda sudah mulai nampak. Maka kekhawatiran akan penampilan anda yang sudah berubah itu sedikit banyak akan membuat anda bertanya untuk apa anda datang reuni kalau hanya untuk menunjukkan sekarang anda sudah tua.Atau juga bisa terjadi situasi sebaliknya. Dulu anda dikenal sebagai orang bertubuh kurus, dekil dan ciri ciri lainnya yg mengasosiasikan bahwa hidup anda belum terlalu makmur. Pada situasi ini dorongan untuk hadir di acara reuni akan lebih besar mengingat inilah kesempatan anda untuk menunjukkan betapa anda sekarang lebih makmur dan sejahtera di banding situasi di masa lalu.
        Di luar faktor - faktor di atas bagaimana kenangan masa lalu bersama orang orang tersebut tentunya akan ikut menentukan apakah anda memutuskan datang atau tidak. Ada orang yg punya lebih banyak kenangan indah sehingga rasa rasanya reuni bisa mengingatkan kenangan indah tsb bersama kawan lama. Atau ada juga yg justru kenangan pahitnya lebih banyak dari kenangan manisnya. Jadi untuk apa datang kalau acara reuni tsb hanya akan membuat nafas anda sesak oleh kenangan pahit yg sedang coba diputar kembali. Ada juga mungkin orang orang yg netral netral saja. Tidak banyak kenangan baik yg manis maupun yg pahit. Untuk kelompok ini mungkin faktor - faktor lokasi dll yg akan lebih dominan menentukan keputusannya untuk datang atau tidak.Ketika saya diminta mengkoordinir acara reuni expeni, saya pun mau tidak mau memikirkan hal yang sama. Saya digelayuti oleh pertanyaan pertanyaan seperti di atas. Kesuksesan acara reuni salah satu tolak ukurnya pastinya adalah banyaknya peserta yang hadir. Untuk bisa membuat banyak orang yang hadir tentunya kita harus mengerti tentang hal hal apa saja yg membuat orang mau repot - repot hadir di acara reuni .Semoga sukses selalu dan semoga kita bisa ketemu di acara reuni nanti. Sebagai Refleksi Diri Reuni, alias pertemuan kembali setelah lama berpisah, selalu menjadi menyenangkan jika dihadiri banyak orang yang tentunya merupakan teman-teman lama.

Psikolog Universitas Indonesia, Bagus Takwin, mengungkapkan pandangannya soal manfaat reuni: - Kenangan Reuni merupakan semacam sarana untuk melihat kembali diri kita beberapa tahun ke belakang. Dengan melihat masa lalu, seseorang akan mengerti bahwa kehidupan yang dia jalani selama ini merupakan suatu hal yang sangat penting. “Setiap orang melalui kenangannya pasti akan membuat monumen-monumen dirinya agar dapat selalu mengingat bahwa dia berkembang." - Harga diri Melalui sebuah reuni, seseorang juga bisa mendapatkan self esteem. Hal yang satu ini merupakan sebuah bentuk penghargaan terhadap diri sendiri atas apa yang telah dicapai selama ini. “Saat reuni pasti bertemu dengan teman-teman lama yang tentunya tahu sifat kita yang dulu. Mungkin dulu kita dianggap tidak mampu maka reuni dapat dijadikan sebagai sebuah pembuktian diri bahwa dia telah berhasil. Self esteem melalui teman-teman lama mempunyai dampak yang lebih besar,” papar Bagus. Jika self esteem itu terpenuhi maka kehidupan psikologis orang tersebut akan lebih stabil dan mapan. Sedangkan mereka yang tidak terpenuhi akan terus menerus merasa minder dan sukar untuk bergaul. - Refleksi Reuni yang digelar secara besar-besaran atau sederhana dapat memenuhi kebutuhan manusia untuk merefleksi diri atau menilai diri, menjaga ikatan sosial agar tetap utuh, menjaga keterlibatan dirinya dalam sebuah komunitas sebagai bentuk identitas diri, dan juga untuk memenuhi kebutuhan atas keberakaran (asal-usul) yang jelas. Tanpa memenuhi kebutuhan itu, seseroang nantinya cenderung akan lupa diri. - Bersenang-senang Kemudian, tutur Bagus, jika acara reuni digelar dengan penuh keceriaan atau bahkan memungkinkan pesertanya untuk merasakan kembali masa mudanya maka reuni juga dapat berfungsi sebagai pelepasan stres atau memberikan efek katarsis. Yaitu melepaskan energi-energi negatif atau tekanan-tekanan dalam kehidupan. “Reuni juga bisa dijadikan alternatif kegiatan rekreasi yang memberi efek relaksasi jika acaranya dikonsep penuh kegembiraan,” tambahnya.

edited by ; Admin

2 komentar:

  1. Kawan - Kawan Kapan bisa bertemu lagi ,.... Masa SMA masa yang paling Indahhhh.........

    BalasHapus
  2. wah siapa ini adminnya? sip markusip ini blognya. ayo ikut jadi anggota blogger kota angin

    BalasHapus

TULISKAN KOMENTAR ANDA DISINI ;